Wisata Bendungan Batu Tegi Tanggamus Lampung, Bendungan Terbesar di Asia Tenggara

Jika tengah traveling ke Provinsi Lampung, tidak salahnya untuk berkunjung ke daerah wisata Bendungan Batu Tegi Lampung. Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu kawasan wisata yang mulai dilirik pengunjung nusantara maupun mancanegara.

Tentang Bendungan Batu Tegi Tanggamus Lampung

 Bendungan Batutegi dibangun pada sungai sekampung ± 65 Km sebelah hulubendung Argoguruh atau ± 90 sebelah Barat Daya Kota Bandar Lampung.

Sumber Dana untuk pelaksanaan pembangunan waduk Batutegi berasal dari dana APBN dan LOAN OECF. Pelaksanaan proyek terdiri dari : Study Kelayakanpada tahun 1978,Detail Desain diselesaikan pada tahun 1983. Pekerjaan Riviewdesign dan supervisi Pelaksanaan dimulai bulan pebruari 1994 dan pelaksanaan pekerjaan terowongan dimulai Tahun 1995.

Pelaksanaan pekerjaan Bendungan dimulai pada tahun 1996 dan selesai tahun 2000. Bendungan ini diresmikan pada 8 Maret 2004 oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri.

Bendungan Batu Tegi merupakan Bendungan Raksasa dengan Panjang sekitar 700 meter. Terlebih bendungan ini menempati area yang luas, yaitu 16 km2 dan volume 687.767 juta m3. Jika banjir datang volume akan naik menjadi 858.827 juta m3.
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung

Data Bendungan Batu Tegi Tanggamus Lampung 
  1. Tipe Bendungan : Timbunan Batu Dgn Inti Tanah Kedap Air.
  2. Panjang Puncak Bendungan : 690.00 m
  3. Elevasi Puncak Bendungan : + 283.00 m
  4. Lebar Puncak Bendungan : 12.00 m
  5. Tinggi Max. diatas dasar sungai : 120.00 m
  6. Volume timbunan : 9 x 106 m3
  7. Tipe Bangunan Pelimpah : Pelimpah Bebas (Tanpa Pintu) dengan Terowongan
  8. Tipe Terowongan Pengelak : Penampang Lingkaran Berlapis beton bertulang
  9. Tipe Intake : Pengambilan Miring
  10. Jenis Katup irigasi : Kerucut Tetap (fixed cone) (baca lebih sedikit)

Tujuan Dan Manfaat Bendungan Batu Tegi Tanggamus
  1. Peningkatan areal persawahan.
  2. PLTA.
  3. Penyediaan air baku untuk air minum.
  4. Pengendalian Banjir, Parawisata, Perikanan dan lain-lain

Bendungan Batu Tegi Terkenal Angker?

Bendungan ini dibangun dengan diiringi sebuah ‘tragedi’ menyedihkan. Dalam pembangunannya, bendungan ini terkenal mempunyai misteri tersendiri. Terlebih pada saat proses pembangunan bendungan, terdapat 13 pekerja yang meninggal. Konon, ada yang percaya kalau kematian 13 pekerja itu adalah tumbal untuk pembangunan tempat ini.

Tempat Favorit untuk Memancing!

Ya, selain adanya bendungan, kamu bisa memancing di Wisata Bendungan Batu Tegi ini. Pastinya ini akan menjadi pengalaman unik yang bisa kamu bagikan ke pada teman-temanmu. Kamu juga tidak perlu khawatir jika tidak mendapat seekor ikan pun, di tempat ini banyak pedagang ikan yang akan menawarkan hasil tangkapannya. Tidak perlu repot memancing, cukup membelinya saja.

Menariknya lagi, selain sebagai tempat wisata, Bendungan Batu Tegi sangat bermanfaat, lho! Apa itu? Wisata Bendungan Batu Tegi berfungsi sebagai pembangkit listrik PLN. Selain itu, digunakan sebagai penyedia bahan baku air minum Kota Bandar Lampung, Metro, dan daerah Beranti di Kabupaten Lampung Selatan.

Wisatawan yang datang ke sini pun kerap menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang menarik untuk berfoto selfie bareng teman. Tidak heran kalau keindahan Bendungan Batu Tegi pun banyak menghiasi wajah para pengguna Instagram di Indonesia. Tempat ini memang nampak sangat indah dan memukau dalam bingkai sebuah foto.

Lokasi wisata Bendungan Batu Tegi Lampung

Wisata Bendungan Batu Tegi memiliki jarak kurang lebih 85 km dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam atau sekitar 4 jam dari Pelabuhan Bakauheni. Sesampainya di sana, ada jalan menurun panjang dan berbelok yang harus dilewati. Namun, perjalanan panjang itu tidak akan terasa jika kamu mencoba menikmati keindahan alam yang masih natural di sekitar perjalananmu.
Gambar: Lokasi Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung
Gambar: Lokasi Bentungan Batu Tegi Tanggamus Lampung

Lebih tepatnya, wisata Bendungan Batu Tegi terletak pada Kabupaten Tanggamus, Lampung selatan. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, dijamin akan puas akan keindahan alamnya. Jalan masuk ke lokasi ini cukup menantang dengan jalan berliku dan biaya masuk yang cukup murah yaitu Rp 5.000. (Sumber: Lihat.co.id)

0 Response to "Wisata Bendungan Batu Tegi Tanggamus Lampung, Bendungan Terbesar di Asia Tenggara"

Post a Comment